Kamis, 03 September 2015

 Probolinggo, adalah sebuah kota di Provinsi Jawa TimurIndonesia. Terletak sekitar 100 km sebelah tenggara KotaSurabaya, Kota Probolinggo berbatasan dengan Selat Madura di sebelah utara, serta Kabupaten Probolinggo di sebelah timur, selatan, dan barat. Kota ini juga terdapat pelabuhan perikanan yang cukup besar.
Budaya :
Probolinggo mempunyai tradisi yaitu Upacara Kasada.Upacara ini diadakan pada saat purnama bulan Kasada (ke dua belas) tahun saka, upacara ini disebut juga sebagai Hari Raya Kurban. Biasanya lima hari sebelum upacara Yadnya Kasada, diadakan berbagai tontonan seperti; tari-tarian, balapan kuda di lautan pasir, jalan santai, pameran. Sekitar pukul 05.00 pendeta dari masing-masing desa, serta masyarakat Tengger mendaki Gn.Bromo untuk melempar Kurban (Sesaji) ke Kawah Gn.Bromo. Setelah pendeta melempar Ongkeknya (tempat sesaji) baru diikuti oleh masyarakat lainnya.

makanan khasnya : Probolinggo memiliki banyak makanan tradisional. Yang paling terkenal adalah Soto Kraksan, yang dimasak dengan santan yang sangat kental dan disajikan di mangkuk nasi dan Lontong.
Selain makanan tradisional, Probolinggo juga banyak bergerak pada makanan kecil atau camilan khas Probolinggo. Salah satunya adalah keripiki Kentang, yang terbuat dari kentang segar dengan hasil yang renyah.
Produk lainnya adalah Pokak, yaitu minuman yang terbuat dari rempah-rempah Indonesia, seperti; kayumanis, jahe dan gula. Minuman ini dikemas ke dalam botol dan dikategorikan dalam minuman kesehata


*Ciri Khas Probolingo yang paling terkenal untuk Probolinggo adalah Kota Mangga dan Anggur. Mengapa demikian? Karena jumlah Mangga dan Anggur di daerah Probolinggo sangat banyak dan kota inilah penghasil Mangga dan Anggur terbaik di Jawa Timur. Mangga yang menjadi ciri khas yaitu Mangga Manalagi. Rasanya yang manis dan lezat membuat banyak orang menyukai buah yang satu ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar